Mengulas Neoplan Smile milik Adiputro


Neoplan, adalah sebuah body bus legendaris garapan karoseri Adiputro yang berkiblat pada negara asalnya (Jerman) hadir pada tahun 1996 dengan teknologi Monocoque Body atau bus yang tidak membutuhkan chassis melainkan langsung menggunakan body sebagai perangkat penyambung mulai dari Dashboard hingga ke Mesin. Neoplan sekaligus menjadi bus dengan teknologi Air Suspension pertama di Indonesia sehingga menjadi Bus ternyaman dijamannya. Neoplan juga dapat dikatakan yang mengawali era modernisasi bus di Indonesia.

Neoplan garapan Adiputro sendiri, waktu itu juga mendapat lisensi secara langsung dari Jerman. Dengan didatangkan 1 unit Neoplan pada tahun 1993 yang sekaligus dihibahkan kepada Adiputro, oleh karena itu Neoplan garapan karoseri Adiputro ini sangatlah mirip dengan Neoplan - Neoplan buatan negara asalnya. Neoplan Adiputro dibuat hanya menggunakan 2 jenis mesin, yaitu mesin dari chassis Mercedes Benz OH1521 (OM366LA) dan mesin dari chassis Hino RG (J08C).

Pada tahun 1996, Adiputro mempamerkan Neoplan buatannya di Jakarta. Membuat bus tersebut makin dikenal oleh banyak orang. Dengan kekhasan moncongnya dan headlamp yang berupa 5 buah lampu serta stoplamp juga ada 5 buah lampu. Karena banyak keunggulan pada bus tersebut, membuat para Perusahaan Otobus berminat membelinya seperti Safari Dharma Raya, Pahala Kencana, Kramat Dhati, Vista Touristama, Eurostar, Jackal Holidays, Jaya Prima dan Bandung Express.

Kembali ke Neoplannya milik Adiputro, dahulunya Neoplan milik Adiputro ini masih sering jalan - jalan keluar Karoseri untuk Bus Karyawannya sendiri atau kebutuhan lain, namun sekarang bus tersebut jarang keluar karoseri, baik unit milik Adiputro yang lainnya seperti Setra Monocoquenya maupun prototype Jetbus SHD 2+ yang pakai chassis OH1521 juga. Sangat disayangkan, Neoplan milik Adiputro kini telah dirombak baik bagian depan maupun bagian belakangnya juga.

Pict by Yoga Prasetya Ramadhan

Nah, pada 16 Maret 2019 kemarin Neoplan tersebut keluar karoseri Adiputro pada malam hari. Usut punya usut ternyata Neoplan tersebut akan mengikuti event "Busworld International" yang diadakan di Jakarta tepatnya pada JIEXPO Kemayoran tanggal 20 Maret - 22 Maret 2019. Keluarnya Neoplan dari karoseri tersebut bebarengan dengan Jetbus UHD 3+ yang menggunakan Chassis Volvo B11R 430 Horse Power yang baru masuk di Indonesia pada 2019 ini dan ikut serta pada event Busworld juga.

Pict by I Made Bintoro

Setelah event selesai, Neoplan tersebut langsung kembali ke karoseri Adiputro pada 22 Maret Malam harinya dari JIEXPO. Akhirnya sampailah Bus tersebut di karoseri Adiputro pada 23 Maret pukul 15.00. Untung saja momen tersebut dapat saya abadikan hehe...

Persiapan masuk kembali ke Karoseri Adiputro 

Jika bicara kembali soal spesifikasi Neoplan ini, sudah jelas bus tersebut tidak menggunakan chasis untuk menopang body nya. Lalu mesin bus jenis apakah yang dipakai bus tersebut? Nah hal tersebut kemarin sempat diperbicangkan beberapa Busmania. Hal tersebut menuai banyak opini bahwa ada yang bilang Neoplan tersebut menggunakan Mesin dari MAN D2066, Mesin dari Chassis Megatrend (OM442A), ataupun Mesin dari chassis Cooler (OM366LA).

Lantas manakah opini yang benar? Lalu saya mencoba mengecek Plat nomor dari Neoplan tersebut (N 7918 AM) di pengecekan plat nomor online untuk wilayah Jawa Timur hehe. Dan ternyata Neoplan tersebut menggunakan chassis Mercedes Benz OH1521 (lihat gambar dibawah) atau bisa disimpulkan menggunakan mesin OM366LA karena bus tersebut tidak menggunakan chassis untuk menopang bodynya. Akhirnya perbincangan tersebut menurut saya terjawab sudah.


Percaya atau tidak, data bus tersebut merupakan milik pusat yang sudah tertera di halaman tersebut.

Sekian dari pembahasan kali ini semoga bermanfaat... :)

Thanks to Mas Taufik Ikhsan Wicaksono, Yoga Prasetya Ramadhan & I Made Bintoro hehehe...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marcopolo Adiputro, Body Bus Gagah karena Headlampnya

Omah Mlaku, Sang Kasta Tertinggi Dunia Perbusan